Mahad Memiliki Program untuk Meminta Shadaqah?

بسم الله الرحمن الرحيم

(Soal): Al-Akh... seorang thulabulilmi bertanya... tentang keadaan sebagian mahid... tentang keadaan sebagian pondok pesantren... atau mahad atau markiz... yang mana di setiap tahun mereka... memiliki program untuk meminta shadaqah kepada kaum muslimin... dan mengatakan kami siap menyalurkannya kepada yang berhaknya. Apakah perbuatan seperti ini bisa dibenarkan atau muharram? Dengan catatan tatkala mereka mendapatkan hal tersebut... mereka tidak memberikannya kepada mustahiqnya bahkan mereka gunakan untuk kepentingan pondok mereka sendiri.

(Jawab): Dijawab oleh beliau (Syaikh Abu 'Amr al-Hajuri) -hafizhahullahu ta'ala- bahwasanya perkara ini merupakan perkara yang muhdats... perkara yang dibuat-buat orang zaman sekarang... (selengkapnya silakan download/dengar audio ini).


(Soal-Jawab) Syaikh Abu 'Amr al-Hajuri: Bolehkah Mahad Memiliki Program untuk Meminta Shadaqah?


Sumber

Majelis Ilmu bersama Masyaikh Yaman: Syaikh Abu 'Amr 'Abdul-Karim al-Hajuri الشيخ عبد الكريم الحجوري أبو عمرو dan Syaikh Zaid bin Hasan al-Wushabi Abu 'Abdillah لشيخ زايد بن حسن الوصابي أبو عبد الله di Markiz Salafiyah Ma'had Umar bin Khattab, Dusun Pereng Cipetir Lebakwangi, Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Indonesia, pada bulan Shafar 1432 (Februari 2011).

Posting-posting Terkait

>>> (Soal-Jawab) Syaikh Abu 'Amr al-Hajuri: Bolehkah Mahad Memiliki Program untuk Meminta Shadaqah?
>>> (Soal-Jawab) Permasalahan: Dakwah, Fitnah, & Hizbiyyah
>>> Nasihat Bermanfaat dari Masyaikh Yaman: Syaikh Abu 'Amr 'Abdul Karim al-Hajuri dan Syaikh Abu 'Abdillah Zaid bin Hasan al-Wushabi
>>> Nasihat Bermanfaat dari Masyaikh Yaman: Syaikh Abdullah bin Ahmad al-Iryani dan Syaikh 'Abdul-Ghani al-'Umari
>>> Kitabush-Shiyam Bulughul-Maram al-Hafizh Ibnu Hajar al-Asqalani oleh Syaikh Abdullah al-Iryani
>>> [Fatwa] Syaikh Rabi' al-Madkhali: Kotak Amal adalah Metode Hizbiyin
>>> [Fatwa] Syaikh Rabi' al-Madkhali: Bahaya al-Jam'iyat

http://islam-itu-mulia.blogspot.com/2012/08/mahad-memiliki-program-untuk-meminta.html